Selasa, 30 Juni 2015

Jadikanlah sabar dan solat sebagai penolongmu! seriously it works.

Assalamualaikum w.w

Semoga kita selalu dalam hidayahNya dan perlindunganNya dari syaiton yang terkutuk, aamiin

Kali ini saya akan berbicara mengenai sabar dan solat sebagai pertolongan dari segala permasalahan manusia seperti firman Allah dalam

QS Al Baqarah [2] ayat 153 Allah SWT berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

Yang pertama kali dilakukan ketika menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan keinginan kita adalah sabar. Sabar bukan berarti pasrah dan tidak melakukan apa apa karena sungguh tidak melakukan apa apa itu semakin memperpanjang penderitaan. Sabarlah dalam sesibuk sibuknya penghidupan.

Tapi sungguh sabar tidaklah mudah dilakukan. Apalagi bagi orang seperti saya yang apa apa maunya cepat apa apa maunya selesai dalam waktu singkat apa apa maunya seperti keinginan saya.

Sabar untuk tidak marah, sabar untuk tidak mengumpat, sabar untuk menerima kekecewaan, sabar menerima kekalahan,sabar untuk mencoba memaafkan, sabar untuk mencoba memahami, dan sabar yang paling sulit adalah sabar untuk memaafkan diri sendiri.

Bagi orang seperti saya tidak lantas bisa memaafkan dan ikhlas begitu saja dalam waktu singkat, tidak. Karena saya selalu berbuat yang terbaik bagi siapapun bagi apapun yang saya kerjakan saya mudah sekali dikecewakan atas kehidupan yang tidak sesuai dengan keinginan dan usaha yang saya lakukan. Haha perfeksionis.

Bagi saya sabar adalah tentang menghindari semua hal yang menyakitkan dan mengecewakan untuk tetap bertahan hidup dan menjalani kehidupan. Dalam waktu singkat saya akan menjadi pribadi yang seperti itu. Perkataan oranglain tidak akan saya gubris karena saya pernah mencoba untuk tiba tiba sabar dan ikhlas tapi penyiksaan semakin pedih yang saya dapatkan. Orang lain? Tidak membantu sama sekali.

Dalam penghindaran itu saya lebih bersabar, lebih bisa menahan diri, lebih bisa melihat lebih jauh dan melihat gambaran yang lebih besar. Sesuatu jika teramat dekat kamu melihatnya kamu tidak akan mengerti.

Mungkin sebagian orang mengatakan saya ekstrem ah biarkan saja saya tidak hidup dengan perkataan orang. Sekali lagi kamu perlu egois di dalam masa masa tertentu, bahkan menurut saya perlu di setiap segi kehidupan kamu harus egois tapi dalam kadar yang berbeda tentunya.

Saya bukan orang yang mudah dinasehati bukan. Butuh seseorang yang lebih "tinggi" dari saya untuk bisa menasehati saya, orangtua misalnya, pak mario teguh misalnya, ulama atau orang orang yang teramat dekat dengan saya yang mengerti apa yang saya perjuangkan selama ini. Selain itu? Saya tidak mendengarkan nasihat orang lain hahahaha.

Balik lagi ke topik sabar dan solat. Sabar dan solat itu saling melengkapi satu sama lain. Orang yang mau solat harus sabar terlebih dahulu. Begitu pula sebaliknya orang yang mau sabar harus bisa mendirikan solat agar kesabarannya terjaga.

Orang yang akan solat harus bisa menahan amarah harus bisa menyediakan waktu di tengah kesibukan dunianya, harus sabar dalam bersuci, harus sabar dalam gerakan solatnya dalam bacaan solatnya baru bisa dikatakan mendirikan solat. Dan bagi orang-orang yang mau menjaga kesabarannya maka dirikanlah solat. Logis?

Di samping gerakan solat yang masya Allah diketahui memiliki manfaat yang banyak dalam kesehatan tubuh, bacaan solat tidak kalah penting dan syahdu jika diresapi dalam dalam.

Yang selama ini baru hafal beberapa surat pendek bacalah terjemahannya. Walaupun sebenarnya tanpa tahu terjemahannha Al quran sudah diciptakan dalambahasa yang begitu indah dan membuat hati orang yang bertakwabergetar, tapi buat yang belum sempurna ketakwaannya cobalah liat Al quran lebih dekat lebih dekat lebih dekat. Jadikan Al quran sedekat mungkin dengan kita. Jangan jadikan asing, karena perbedaan bahasa. Padahal Al quran itu mau dijadikan pedoman hidup.

Jujur saya belum bisa dikatakan memiliki kesabaran tingkat sempurna apalagi kekhusukan solat tingkat sempurna. Tapi saya tiap hari memohon meminta kepada Yang Maha Memiliki agar saya dimudahkan~merasa ringan dalam hal beribadah. Lakukan saja, jika Allah mengatakan sabar dan solat dapat menolong saya maka saya akan sabar dan solat sekuat apa yang saya mampu. Sekuat kuatnya, dalam sekuat kuatnya itu saya menemukan sesuatu.

Dalam setiap rakaat adalah pujian terhadap Allah SWT dan doa. Inilah yang baru saya sadari. Selama ini saya sepenuhnya sadar bahwa solat adalah ritual ibadah untuk memuji dan menyembah Allah SWT tapi tidak dengan doa, saya baru menyadarinya saat ini. Bukan berarti saya sembarangan melakukan solat, hanya saja saat ini saya mengerti solat dalam artian dan makna yang lebih baik.

Al Fatihah 1 1-7


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". 

"Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam". 

"Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". 

"Yang menguasai di Hari Pembalasan". 

"Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan". 

"Tunjukilah kami jalan yang lurus", 

"(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".

Lihatlah kedahsyatan makna surat ini, Allah tidak menjadikannya surat yang kita baca di setiap rakaat solat yang kita lakukam tanpa alasan yang sia sia. Allah itu Maha Benar lagi Maha Mengetahui. 
Surat ini memang pantas menjadi rukun solat. Silahkan mencarinya dalam postingan lain berbagai kajian surat Al Fatihah.

Yang saya rasakan dari memaknai surat ini adalah kita memuji Allah sebagai Tuhannya semesta alam kita menunduk kepadaNya. Tuhan yang Maha Pemurah dan Penyayang serta menguasai/merajai hari pembalasan. Allah punya kekuatan yang powerful a.k.a Maha Kuasa namun Dia juga Maha pemurah dan Maha Penyayang. Kita ga ada apa apanya begitu kecil dibandingkan pemilik semesta alam. Setuju?

Hanya Dialah yang kami sembah dan hanya kepada Nya kami  emi ta pertolongan. Ayat ini luar biasa dampaknya bagi saya. Ini pengakuan bahwa Allah adalah satu satunya Zat yang patut kita sembah dan tempat meminta pertolongan. Benar benar merasa kecil dan tidak punya kuasa apa apa atas kehidupan yang kita jalani. Kita bisa berusaha sebaik baiknya tapi kita senantiasa meminta pertolongan darinya. Terus menerus meminta.

Dua ayat terakhir mengenai jalan yang lurus. Membuat saya sadar bahwa apa apa yang terjadi di kehidupan ini adalah sesuatu yang lurus bagi kita jika yang kita harap adalah ridhonya Allah bukan sesuatu yang lain, jadi terimalah dan senantiasa berdoa semoga selalu dalam jalan yang lurus di mata Allah.

Saya sangat menikmati apa yang al fatihah jabarkan kepada saya di setial rakaat yang saya kerjakan. Bukan dalam taraf kekhusukan yang sempurna sekali lagi, saya menikmati memaknai setiap rakaat dengan cara yang lebih dalam. Sehingga tidak ada ketidaksabaran dalam solat,  dan saya merasa solat benar-benar menolong saya.

Islam adalah satu satunya agama yang diterima Allah SWT, dekatkanlah al quran dengan kehidupan, dekatkanlah kehiduoan dengan al quran. Al quran is the best way of life. Kenalilah Islam lebih dekat dekat dan dekat, karena Islam berarti menundukan diri terhadap Allah, terhadap kehendak Allah, tanpa itu kamu tidak akan mendapatkan kedamaian sejati. Tidak akan pernah. 

Bismillahirohmanirohim, semoga kita termasuk dalam orang yang dimudahkan oleh Allah dalam beribadah dan bersabar, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar